Tegakkan Perda KTR, Satpol PP Beraksi

Kulon Progo (Kamis,16/6/2022), Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kulon Progo kembali melanjutkan kegiatan operasi Non Yustisi Penegakan Perda KTR selama 2 hari yaitu tgl 15 dan 16 Juni 2022 dengan menyasar pada Zona larangan KTR di sekitar tempat ibadah, sekitar  pasar  dan sekolah. Pembinaan dan Pengawasan  dilakukan sebagai media sosialisasi dalam rangka Penegakan Perda Nomor 5 tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Kegiatan diawali dengan apel pengarahan di halaman Kantor Satpol PP dipimpin oleh Kepala Seksi Pembinaan dan Pengawasan Rokhgiarto, SE bersama Tim  terdiri dari Kasi Penindakan Rahmat Budiyanta, SH beserta anggota JFU dan JFT Satpol PP.

Kegiatan menyasar pada toko/warung yang didapati memasang/terpasang Iklan Rokok yang melanggar dan berada pada Zona larangan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di beberapa Kapanewon yang diduga sering didapati adanya pelanggaran KTR.

Tercatat dan terdokumentasi hasil Pengawasan KTR pada hari Kamis 15 Juni 2022 tercatat  sejumlah  8 (delapan)  warung dan atau toko yang berada di wilayah Kapanewon Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Pada hari Kamis, 16 Juni 2022 tercatat sejumlah 8 (delapan) pemilik warung/toko yang melakukan pelanggaran. Bentuk pelanggaran yang dilakukan yaitu didapati Iklan rokok berbagai Merk dan ukuran berupa banner media informasi yang terpasang pada Zona larangan KTR yang terdapat didekat Masjid/ tempat ibadah, dekat Pasar dan dekat jalan utama. Total hasil pendataan selama 2 hari yaitu tercatat dan terdokumentasi sejumlah 16 (enam belas) titik warung/ toko.

Tindak lanjut kegiatan Pengawasan yaitu menghimbau kepada Pemilik warung/toko supaya tidak kembali menerima dan memasang iklan rokok yang dipasang di depan toko miliknya, kemudian petugas melepas dan menurunkan Iklan tersebut serta  mengganti dengan Iklan layanan masyarakat dari Dinas Kesehatan, serta menempelkan Sticker sebagai bukti telah dilakukan Pembinaan dan Pengawasan serta penertiban Perda KTR.  Tindakan tersebut merupakan upaya untuk mengetahui tingkat kepatuhan dan  kesadaran masyarakat dalam mematuhi Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo.