Lindungi Masyarakat, Satpol PP Kulon Progo Amankan Produk di Pasar Dekso

Pada hari Senin tanggal 13 Juni 2022, Satpol PP melakukan kegiatan fasilitasi Penegakan Ketentuan Perundang-undangan dalam rangka pengawasan barang/makanan, produk olahan hewan, dan produk olahan ikan di Pasar Dekso Kapanewon Kalibawang. Dalam kegiatan tersebut, Satpol PP bersinergi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo, Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo dan Bagian Administrasi Perekonomian Sekretariat Kabupaten Kulon Progo. Giat Pengawasan ini dilakukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen; Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan; Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan; Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan; Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan; Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah; Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah; Peraturan Bupati Kabupaten Kulon Progo Nomor 107 Tahun 2021 Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Satuan Polisi Pamong Praja.


Dalam kegiatan tersebut ditemukan beberapa produk makanan dan minuman siap saji dalam keadaan yang tidak layak konsumsi karena kadaluwarsa dan rusak. Produk makanan dan minuman yang sudah kadaluwarsa ataupun rusak selanjutnya diserahkan kepada petugas Satpol PP untuk dimusnahkan dan sebagian akan diretur ke pihak distributor. Selain itu, ditemukan juga produk olahan ikan asin berupa gereh kacangan yang mengandung zat kimia berbahaya (formalin) berdasarkan pengujian di tempat oleh petugas dari Dinas Kelautan dan Perikanan. Ikan tersebut diserahkan kepada petugas Satpol PP untuk dimusnahkan.


Selain penemuan produk makanan dan minuman, petugas juga mengambil sampel makanan olahan seperti tahu, mie basah dan juga bakso untuk dilakukan pengujian laboratorium di kantor.
Kegiatan berjalan dengan lancar.