Pembinaan Dusun Sapta Tertib di Kalurahan Demangrejo

Selasa, 14 Juni 2022 bertempat di Balai Kalurahan  Demangrejo, Kapanewon  Sentolo, Satpol PP Kabupaten Kulon melakukan kegiatan Pembinaan Dusun Sapta Tertib. Sosialisasi dimulai pukul  09.00 sampai dengan selesai dan diawali dengan menyanyikan Lagu  Indonesia Raya. Kegiatan Pembinaan Dusun Sapta Tertib dihadiri oleh Ketua BPK, Ketua LPMK, Perwakilan Dukuh, Perwakilan relawan Jaga warga, Perwakilan  linmas, Tokoh Masyarakat dan dari unsur wanita. Kegiatan  dilaksanakan dengan sistem klasikal, mendengarkan paparan dari Narasumber dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Dalam sambutanya Lurah Demangrejo menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiranya rekan-rekan, kegiatan ini dapat diikuti dengan sungguh sungguh, jika ada hal hal yang perlu ditanyakan silahkan untuk disampaikan.

Setelah sambutan dilanjutkan kegiatan pembinaan dengan narasumber dari Satpol PP Bapak Rokhgiarto, SE selaku Kepala Seksi Pembinaan dan Pengawasan. Beliau memberikan materi tentang Konsep Mewujudkan Dusun Sapta Tertib. Pemberian materi kedua oleh Aris Sarjono, S.H selaku Kepala Jawatan Keamanan Kapanewon Sentolo dengan materi tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum.


Peserta sangat berantusias dalam mengikuti kegiatan, peserta selalu aktif dan komukatif serta menyambut baik kegiatan tersebut.

Sinergitas Pemerintah dan masyarakat sangat diharapkan dalam rangka turut serta dan bekerjasama dalam melakukan Pengawasan atas Kepatuhan terhadap Pelaksanaan Perda dan Perkada/Walikota di wilayah Kabupaten Kulon Progo. Jika Forum Dusun Sapta Tertib sudah terbentuk, diharapkan akan menjadi agen informasi maupun agen perubahan di lingkungan masyarakat dalam membantu mengawasi pelanggaran Perda maupun Perkada di wilayah masing masing.

Salah satu tujuan dibentuknya Forum Dusun Sapta Tertib adalah untuk mewujudkan  masyarakat yang tertib dan teratur dengan berdasarkan pada Perda Nomor 4 tahun 2013 tentang Ketertiban Umum. Forum Dusun Sapta Tertib diharapkan dapat mengelola wilayah menjadi lebih tertib, sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang nyaman, tentram, tertib dan teratur.