PATROLI CIPTA KONDISI DAN PENGAMANAN PERAYAAN PASKAH 2021

Kulon Progo, 02 April 2021, Satuan Polisi Pamong Praja Kulon Progo, sejak hari Jumat  2 April 2021 sampai dengan hari Minggu  04 April 2021 melakukan pemantauan dan pengamanan pada beberapa gereja di Kulon Progo dalam rangka Perayaan Paskah. Personil Satuan Polisi Pamong Praja dibagi menjadi 2(dua) untuk berbagi tugas di beberapa Gereja yang melakukan peribadatan secara bersamaan.

Dimulai pada Jumat sore pukul 15.00-16.30, bersinergi dengan Polres Kulon Progo, Kominda Kulon Progo serta Polsek dan Koramil setempat, Tim melakukan pengamanan di Gereja Santa Maria Perawan Tak Bernoda Karang Jatisarono Nanggulan.

Peribadatan Jumat Agung sesi I dengan tema "Bertumbuh dalam Kristus Berbuah dalam Hidup" dipimpin oleh Romo Supriyanta Pr dan diikuti 429 orang jemaat. Dengan banyaknya umat yang mengikuti peribadatan, Satpol PP selaku Tim gugus tugas Covid 19 Bidang Pengamanan dan penegakan Hukum selalu mengingatkan kepada seluruh jemaat untuk tetap patuh protokol kesehatan.

Pada waktu yang sama Tim Satpol PP juga melakukan pengamanan Paskah di Gereja Paroki ST THERESIA LISIEUX Boro Kalibawang. Peribadatan Sesi 1 di pimpin oleh Romo Subiyantoro PR dengan jemaat sebanyak 427 orang. Misa keagamaan berakhir pk 16.20 Wib.

Peribadatan Sesi 2 di mulai pk 18.00 Wib. Di pimpin oleh Romo Subiyantoro PR. Dengan jumlah jemaat 400 orang. Ibadat berakhir pukul   19.10 wib.

Patroli Cipta Kondisi dan Pengamanan Perayaan Paskah 2021 berlanjut pada Hari  Sabtu 03 April 2021 pukul  18.00 WIB s.d. 22.30 WIB. Lima personil Satpol PP Kulon Progo yang dipimpin Kabid Trantibum, Alif Romdhoni SSTP melaksanakan patroli cipta kondisi dan pengamanan perayaan paskah 2021 pada 3 (tiga) Gereja. Adapun tiga Gereja tersebut; Gereja Katolik ST. Carolus Borromeus Temon, Gereja Katolik Santa Theresia Brosot, dan Gereja Maria Meter Dei Bonoharjo Sentolo.

Selanjutnya pada hari Minggu 04 April 2021 Pukul      : 07.00 WIB s/d selesai, Personil Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kulon Progo dipimpin langsung oleh Kabid Trantibum Alif Romdhoni, S STP kembali melakukan pemantauan dan pengamanan Misa Paskah di beberapa Gereja. Dari pemantauan tersebut pelaksanaan Misa bervariasi antara lain :

  1. GKJ Kalipenten, Misa Paskah dilaksanakan secara daring.
  2. Gereja Santo Yusuf Siwalan melaksanakan Misa secara langsung dengan 250 jemaat di pimpin Romo Petrus Noegroho Agoeng S,Pr.
  3. GKJ Sentolo, pembicara Yulius Martanto dengan 80 Jemaat berusia kurang dari 60 tahun, selebihnya di laksanakan secara daring.

Dari pemantauan Tim Patroli, dalam melaksanakan peribadatan, semua gereja sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat.