TEGAKKAN PSTKM OPERASI GABUNGAN PATUH PROTOKOL KESEHATAN KEMBALI DIGELAR

Kulon Progo (Sabtu, 23 /01/2021). Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kulon Progo dipimpin oleh Sekretaris Sat.Pol.PP Drs. Hera Suwanto MM bersama dengan Kabid Penegakan Perda, Kabid Ketertiban Umum beserta anggota 20 Personil sebagaimana Surat Perintah Kasat Pol.PP No.017/ SP/ Sat.Pol.PP/I/2021, kembali melaksanakan operasi patuh protokol kesehatan.

Dalam Operasi kali ini, Satpol PP  melibatkan unsur  TNI, Polri, dan Dinas Perhubungan Kab. Kulon Progo untuk bersinergi melaksanakan giat Operasi Patuh Protokol Kesehatan dalam rangka pencegahan/memutus mata rantai Penularan infeksi Virus Covid 19 dan pemberlakuan  Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PSTKM). Sasaran kegiatan difokuskan ke tempat perbelanjaan/swalayan yang masih buka di atas jam 19.00 WIB dan ruang publik yang terdapat kerumunan massa.

Berdasarkan Instruksi Bupati Kulon Progo Nomor 1 Tahun 2021, jam operasional pusat perbelanjaan/toko swalayan hanya sampai pukul 19:00 WIB dan kegiatan restoran (makan/minum ditempat) maksimal 25% dari kapasitas tempat yang disediakan, tetapi untuk layanan pemesanan via delivery order/take away food tetap diizinkan sesuai dengan jam operasional restoran.

Bagi Pelaku Usaha  yang melakukan pelanggaran PSTKM, Sat.Pol.PP selaku Tim Gugus Tugas Divisi VIII Bidang Pengamanan dan Penegakan Hukum  memberikan surat teguran serta pemanggilan kepada pemilik usaha toko/swalayan dan pusat perbelanjaan yang masih buka di atas jam 19.00 WIB di wilayah Wates Kota dan Pengasih.

Dari hasil giat operasi tersebut, tercatat dan terdokumentasi sejumlah 8 (delapan) teguran lisan yang dilakukan dan terdapat 12 orang/pemilik usaha dipanggil ke kantor Satpol PP untuk diberikan pembinaan.

 

Petugas menghimbau agar seluruh masyarakat tetap patuh dan disiplin dalam menerapkan Prokes. Bagi para pelaku usaha dimohon untuk menerapkan pengetatan prokes kepada seluruh karyawan serta tamu/pengunjung guna memutus mata rantai Penyebaran Covid 19 di Kab Kulon Progo.