PANTAU PENYALURAN BST, PASTIKAN PATUH POTOKOL KESEHATAN

Kulon Progo, Jumat 15 Januari 2021, Sat.Pol PP Selaku Tim Gugus Tugas Divisi VIII Bidang Pengamanan dan Penegakan Hukum kembali melaksanakan Monitoring &Pengawasan Pengetatan Protokol Kesehatan pada penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap X tahun 2021 dari Kementerian Sosial di di seluruh Kantor Pos se Kabupaten Kulon Progo. TimSatpol PP dengan melibatkan Linmas Inti dibagi 3 kelompok, masing-masing kelompok memantau 4 (empat) kantor pos di 4 (empat) Kapanewon. Penyaluran BST Tahap X tahun 2021, masing-masing Keluarga  Penerima Manfaat (KPM) akan menerima uang sejumlah Rp300 ribu di diberikan mulai Januari hingga April 2021.

Giat ini dilaksanakan untuk mengantisipasi potensi kerumunan di antara  Keluarga Penerima Manfaat (KPM) agar penyebaran Covid 19 bisa diantisipasi pada pencairan BST tersebut. Adapun  dasar kegiatan adalah  Perbup Kulon Progo 44 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Kehidupan Baru (New Normal) Pada Masa Pandemi  Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) dan  Intruksi Bupati Kulon Progo No 1 Tahun 2021 tentang Kebijakan Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat di Kabupaten Kulon Progo.

Teknis Penyaluran dimulai dari mengambil nomor antrian Registrasi à Cheklist dataà Foto ybs beserta Undangan ber-barcode dilanjut Pencairan (proses lebih kurang 1menit)

Dari sejumlah  Kantor Pos yang di sambangi sebagian besar sudah tertib, terukur dan terkendali, walaupun masih ada dijumpai belum maksimal dalam pemberlakuan penggunaan thermogun karena keterbatasan petugas. Tampak hadir mendampingi dalam kegiatan tersebut dari Jawatan Sosial Kapanewon dan Penewu setempat .

Dalam pelaksanaan pemantauan, Petugas Satpol PP menghimbau agar Penerapan Prokes harus diperketat/ pengetatan secara terbatas  pemberlakuannya, Penggunaan Thermogun dan jarak duduk maupun penyesuaian kuota calon penerima disesuaikan dengan kapasitas ruang/ tempat.

  1. Penyaluran BST di Kantor Pos Nanggulan hari ini melayani Desa Banyuroto  132 orang dan Donomulyo 270 orang .
  2. Kantor  Pos Samigaluh  melayani wilayah Ngargosari 201 orang dan Gerbosari 259 orang.
  3. Kantor Pos Kalibawang melayani wilayah Banjarharjo dengan jumlah penerima 400 org.

Laporan dari Tim Wilayah Utara di  3 ( tiga ) titik  Kantor Pos  terpantau  dalam melayani penyaluran BST sudah menerapkan protkes , sebelum masuk  diwajibkan cuci tangan , pengecekan suhu tubuh dan  tempat duduk ruang tunggu di beri jarak 1 Meter.

Kegiatan berjalan lancar aman dan terkendali.