AMANKAN KEGIATAN NATARU, SATPOL PP PANTAU PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN

Rabu , 23 Des  2020, Pukul   :  08. 00 WIB s/d  Selesai  dengan Dasar Pelaksanaan :

  1. Instruksi Gubernur DIY No.7/Instr/2020 ttg Penegakan Protokol Kesehatan Pencegahan Corona Virus Disease 2019 Pada Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2021
  2. Perbup Kulon Progo 44 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Kehidupan Baru (New Normal) Pada Masa Pandemi  Corona Virus Disease 2019 (Covid 19).

Tim Satpol PP yang dipimpin Kabid Penegakan Perda, disertai Kasi Pembinaan dan Pengawasan , Kasi Dikdak , JFU dan JFT Sat.Pol.PP melaksanakan pemantauan persiapan perayaan Natal dan Tahun Baru di berbagai wilayah.

Sasaran pemantauan kali ini adalah  2 ( dua) Gereja di wilayah Wates, dan 1 (satu) gereja di wilayah Kokap, Panjatan dan Sentolo, serta 1 (satu)  rumah salah satu seorang anggota DPRD yang akan digunakan untuk kegiatan Pelantikan Pengurus salah satu Parpol di wilayah Panjatan.

Pembinaan dan Pengawasan serta Pemantauan  Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid 19 ini sebagai langkah antisipasi potensi adanya Kerumunan Massa yang Mengarah pada Pelanggaran Protokol Kesehatan. Selain itu juga dalam rangka Meningkatkan Kepatuhan terhadap Penerapan Prokes dengan Memperketat Mobilitas warga dalam Perayaan Libur Natal dan Tahun baru di Wilayah Kab.Kulon Progo.

Dari hasil pemantauan, secara umum rencana perayaan Natal konsepnya sudah menerapkan protokol kesehatan, disampaikan baik di Gereja Katolik Wates , Kokap dan Sentolo dengan kesepakatan sebagai berikut:

  • Jemaat yang Mengikuti Misa dibagi / dipecah perwilayah dan Mendaftar Melalui Ketua Lingkungan Wilayah atau mendaftar secara online
  • Untuk Jemaat yang diperbolehkan  mengikuti Misa  adalah jemaat yang sudah terdaftar dan membawa Kartu serta dalam Kondisi Sehat terbagi dalam tempat duduk berjarak( ada tanda Silang) di bagi per wilayah yang sudah diberi Tanda Oleh Panitia Sesuai dengan Space Mapping di dalam ruangan dan diluar Menggunakan Tenda untuk Penjarangan jarak duduk.

 

Sementara untuk Gereja Kristen Jawa Wates dan Gereja Kristen Panjatan selama pandemi ini meniadakan Misa dihari minggu  dan Misa Perayaan Natal , para jemaat melaksanakan misa secara online melalui live streaming dan memutar youtube secara bersama-sama di rumah masing-masing.

Menurut Pastur GKJ Panjatan , Kegiatan misa baik misa rutin hari minggu maupun misa Perayaan Natal  belum bisa dilaksanakan secara tatap muka semata-mata karena taat dan tunduk pada aturan Gubernur DIY dalam hal ini Ngarso Dalem Sri Sultan HB X .

Pemantauan selanjutnya di rumah salah satu anggota Dewan yang akan melaksanakan kegiatan Pelantikan Pengurus DPD Golkar. Tim Gugus tugas mendapat penjelasan secara rinci oleh Drs.Suharto selaku tuan rumah mulai dari tamu datang,  parkir , masuk ke lokasi kegiatan, transit petinggi partai, jamuan sampai pelaksanaan pelantikan yang sudah ditata secara per kelompok dan bidang serta sudah tersusun secara rapi dengan tamu undangan sekitar 200 orang.

Kegiatan berjalan lancar Tertib, Aman dan Terkendali.