PENGAWASAN PROTOKOL KESEHATAN JELANG NATARU, SAMBANGI GEREJA DAN PROYEK BESAR DI KULON PROGO

Senin, 21/12/2020, Dalam rangka meningkatkan kepatuhan pada protokol kesehatan dan menekan penyebaran covid 19, jelang Natal dan Tahun baru ini Satuan Polisi Pamong Praja kembali melakukan Pengawasan dan Pemantauan ke beberapa tempat dan Proyek Besar yang dilaksanakan di Wilayah Kapanewon Temon.

Pemantauan dilaksanakan dengan dasar kegiatan :

  1. Perbup Kulon Progo No. 44 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Kehidupan Baru (New Normal) Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Civid 19)
  2. Surat Wakil Gubernur D.I.Y tentang Peningkatan Pengawasan Protokol Kesehatan .
  3. Temuan Komisi I DPRD Kulon Progo

Dalam Pengawasan dan Pemantauan  yang dikoordinir Sekretaris Sat.Pol PP, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Divisi Pengamanan dan Penegakan Hukum  menitik beratkan pada kegiatan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru  , namun demikian disela-sela itu Tim Gugus Tugas juga melakukan pengawasan ke Balai Desa Kalidengen yang akan menggelar kegiatan Pagelaran Wayang Gulit dalam rangka Merti Desa. Pada kesempatan tersebut Tim bertemu langsung dengan Lurah Kalidengen, dan Sekretaris Sat.Pol.PP menyampaikan, sambil menunggu jawaban dari Wakil Bupati selaku Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 terkait permohonan ijin pelaksanaan kegiatan dimaksud untuk kegiatan Pagelaran Wayang Kulit hendaknya mengacu pada Perbup No.44 Tahun 2020 dengan selalu mentaati Protokol Kesehatan.

Pemantauan  selanjutnya difokuskan ke sejumlah Gereja yang akan melaksanakan Misa secara tatap muka untuk menekankan keharusan patuh protokol Kesehatan. Beberapa Gereja di Wilayah Kapanewon Temon yang dikunjungi antara lain di GKJ Palihan, GKJ Temon dan Gereja Katolik Sindutan.  Secara umum persiapan penerapan Protokol kesehatan untuk menghadapi misa Natal Tahun 2020 sejumlah Gereja yang di kunjungi menyatakan  sudah siap , selanjutnya untuk menghindari kerumunan  pelaksanaan, Misa juga  di bagi menjadi beberapa shift termasuk juga misa yang dulunya terpusat di satu Gereja nantinya akan  dilaksanakan di beberapa Gereja dengan jadwal yang sudah di susun secara bergiliran .

Terakhir Tim Gugus Tugas Covid 19 Divisi VIII menindaklanjuti Temuan Komisi I DPRD Kulon Progo terkait adanya  tenaga kerja di sejumlah Proyek Pembangunan Hotel dan Jalur Rel Kereta Api yang tidak taat protokol kesehatan. Tim Bertemu dengan Pimpinan Proyek Pembangunan Rel Kereta Api, Proyek Pembangunan Hotel IBIS dan Proyek Pembangunan Hotel Grand Dafam .

 

Tim Gugus Tugas menyampaikan kepada para Pimpinan Pembangunan Proyek untuk segera menindak lanjuti temuan di lapangan dengan segera membuat surat kesanggupan melaksanakan protokol kesehatan yang ditujukan kepada Wakil Bupati Kulon Progo selaku Ketua Tim Gugus Penanganan Covid 19. Dalam kesempatan tersebut Para Pimpinan Proyek, akan segera menindak lanjuti apa yang menjadi arahan dari Tim Gugus Tugas dengan  mengumpulkan para Sub.Kon dan Mandor dan member teguran untuk lebih disiplin dalam penerapan protokol kesehatan kepada para tenaga kerja nya utamanya dalam hal pemakaian masker.

Selama Pelaksanaan,  Kegiatan Berjalan dengan lancar. DUMP