PEMANTAUAN DAN PENGAWASAN PATUH PROTOKOL KESEHATAN DI PERKANTORAN

Kulon Progo 24/11/2020,  Menyikapi angka kasus Covid-19 di Kab. Kulon Progo  yang semakin tinggi,  Satpol PP  Kab.Kulon Progo yang tergabung pada Tim Gugus Tugas Bidang Pengamanan dan Penegakan Hukum mulai Selasa 24 November 2020 akan gencar melakukan inspeksi mendadak atau sidak protokol kesehatan pada OPD / ASN, terutama OPD Bidang Pelayanan Publik dalam Penyelenggaraan Protokol Kesehatan. Selain mengevaluasi kepatuhan ASN dan THL di OPD terkait, juga mengevaluasi ketersediaan sarpras Protokol kesehatan berikut penerapannya.  

Munculnya klaster baru di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab.Kulon Progo berefek karambol menambah angka kasus Covid-19 di Kab. Kulon Progo.  Untuk itu, sidak protokol kesehatan akan gencar dilakukan oleh petugas Satpol PP  guna menekan angka kasus Covid-19 yang meningkat di bulan November 2020.

Sidak protokol kesehatan yang akan dilakukan seperti mengecek SOP   kantor apakah sudah sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19,  yakni tersedia tempat cuci tangan, hand sanitizer, pemakaian masker ,Penggunaan Alat Ukur Suhu/ Thermogun di lingkungan kantor serta menjaga jarak/Physcal Distancing.

SIdak Perdana kali ini menyasar ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, Dinas Perdagangan dan Perindustrian ,  MPP Kab.Kulon Progo dan Kapanewon Wates. Dari hasil inspeksi mendadak sebagian besar sudah ada sarpras pendukung protokol kesehatan namun dalam penerapannya masih belum bisa dilaksanakan secara maksimal,  masih didapati  beberapa ASN tidak menggunakan masker di ruangan. Saat dilakukan Sidak, Dinas Pendidikan Kab.Kulon Progo sedang  mengadakan kegiatan seminar kewira usahaan dengan jumlah 48 peserta , jarak kursi meja antar peserta masih terlihat kurang renggang/ belum maksimal penerapan physcal distancing, dengan agenda waktu lebih dari 2 jam selama , 6 kali pertemuan terhitung sejak tanggal dimulai tanggal  : 16,17,18,19,24 dan 25 nov 2020.  Untuk tempat ibadah masih di gelar karpet (disarankan karpet digulung, yang beribadah diharapkan membawa perlengkapan pribadi)

Dinas Perdagangan didapati  Penggunaan Thermogun belum Maksimal dan Rambu peringatan /Stiker Tulisan Kawasan Wajib Pakai Masker blm ada. Penerapan Protokol Kesehatan di MPP  secara Umum sudah dilaksanakan Maksimal, saat Petugas datang sedang  Menerima Kunjungan / Study Banding dari Luar Daerah,  Tim menyarankan pada para tamu untuk selalu patuh protokol kesehatan.

Di Kapanewon Wates,  didapati Masih Minimnya Sarpras Pendukung Protokol Kesehatan untuk Pelayanan / Tamu  di ruang Pelayanan Paten. Petugas Menghimbau untuk Segera ditindak lanjuti hal-hal yang belum dilaksanakan dengan maksimal dan kontinyu terkait Protokol  Kesehatan. Diharapkan dari masing masing OPD agar saling bisa bekerjasama dalam Pemutusan Mata Rantai Penyebaran Covid 19 di Kabupaten Kulon Progo.