PEMANTAUAN AKTIFITAS PENAMBANGAN, ANTISIPASI BENCANA DI MUSIM PENGHUJAN

Senin, 16/11/2020, Pukul     : 09.30  WIB - 13.30 WIB, Tim Penegakan Perda Satpol PP KP melakukan pemantauan dan monitoring lokasi penambangan yang disinyalir rawan bencana tanah longsor.

Pelaksanaan pemantauan kali ini dengan Dasar  : Tindak Lanjut Dispo Bupati  Kulon Progo No.660/1570 Tgl. 5/11 2020 tentang Pemantauan dan Antisipasi Menghadapi Musim Penghujan.

Lokasi yang disasar kali ini berada di Pedukuhan Watu Belah, Tanggulangin dan Gondangan Wilayah Kalurahan Sidomulyo  Kapanewon Pengasih. Tim langsung melakukan check lokasi  kegiatan  penambangan  khususnya tambang tanah urug dan batu andesit di Wilayah Kabupaten Kulon Progo.

Giat yang dipimpin Kabid Penegakan Perda Sri Widodo SIP MM  , beserta Kasi Binwas dan anggota didampingi Kepala Dukuh Setempat menuju Lokasi Penambangan Wilayah pedukuhan Watu Belah,Tanggulangin dan Gondangan Petugas setelah terlebih dahulu berkoordinasi dengan Kalurahan Sidomulyo.

Penambangan diWilayah Tanggulangin terpantau Aman masih Aktifitas letak jauh dari Pemukiman Penduduk. Sedangkan di Pedukuhan Gondangan sementara tidak ada aktifitas penambangan.  Melalui Kepala Dukuh dihimbau untuk disampaikan ke Pelaku Usaha Penambangan  agar pelaksanaan kegiatan penambangan sesuai SOP yang telah ditetapkan di UKL UPL dan diantisipasi kemungkinan Longsor akibat curah hujan terutama pada tebing-tebing yang Kemiringannya berpotensi dapat mengakibatkan longsor dan menutup aliran air/ parit/ selokan/ sungai yang ada disekitarnya.

Saat pemantauan titik terakhir  di  Pedukuhan Watu belah,  2 Lokasi Tambang di satu tempat sedang tidak ada Aktifitas dan sementara yang satu Habis IUP nya.