KESADARAN MASYARAKAT MULAI MENURUN..?

Kulon Progo, Senin, 26 Oktober 2020 berlokasi di Pasar Tradisional Pasar Jombokan Wilayah Kapanewon Pengasih, Tim Gabungan Sat.Pol.PP, TNI, Polri kembali menggelar Operasi Patuh Protokol Kesehatan.

Dari pelaksanaan operasi, 14 warga Pengguna Jalan yang melintas di depan  Pasar Jombokan terjaring karena melanggar Protokol Kesehatan. Mereka tidak mengenakan masker saat beraktifitas keluar rumah. Salah satu fenomena yang menarik, dalam operasi tersebut salah satu Pelanggar seorang Ibu rumah tangga  terjaring 2( dua) kali Melanggar Protokol Kesehatan, Petugas menekankan kepada ibu tersebut untuk tidak mengulangi lagi.

Dari fenomena tersebut, ada indikasi Kesadaran Masyarakat mulai kendor kembali dimungkinkan karena Pandemi sudah dianggap reda.

Seperti biasanya, para pelanggar diminta data dan keterangan dengan menunjukkan KTP dan Menanda tangani Surat Pernyataan Sanggup Mentaati Protokol Kesehatan. Selain itu mereka dikenakan Sanksi  Kerja Sosial yang humanis sesuai Peraturan Bupati no 44 tahun 2020, dengan menyapu di Lingkungan Pasar Jombokan untuk menimbulkan efect jera dan budaya malu apabila tidak memakai masker.