SANGAT KECIL PROSENTASE PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN ASN DI LINGKUNGAN PEMKAB KULON PROGO.

Budaya patuh Protokol Kesehatan sudah diterapkan di Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Atas Ijin Bupati Kulon Progo, Kamis 17 September 2020 , Operasi Patuh Gabungan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan di terapkan di lingkungan Sekretariat Daerah.  Operasi ini dilaksanakan untuk memberi nuansa keseimbangan di Lingkungan aparat penegakan dengan melakukan operasi baik pada warga masyarakat maupun pada ASN.

Operasi Gabungan Satpol PP bersama TNI, Polri, Brimob, Dishub dan Pengadilan Negeri Wates selama 1,5 jam saat jam masuk memulai aktivitas Presensi pagi hanya mendapatkan 3 pelanggar protokol kesehatan tidak menggunakan masker.  Dari total jumlah ASN di lingkungan Pemkab Kulon Progo terdiri atas :

Setda : 130, BKPP : 43, Bappeda : 43, Kominfo : 33,  total = 249 ASN, pelanggaran protokol kesehatan hanya mencapai angka 1,2 %

Melihat hasil tersebut, Bupati Kulon Progo Drs.H Sutedjo menyampaikan :” kami berharap publik dan ASN benar-benar melaksanakan protokol kesehatan dan tumbuh dari kesadaran sendiri, jangan karena takut kena razia. Kita jangan egois tidak pakai masker tetapi dampaknya membahayakan orang lain. Kita harus bersatu padu kompak  menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain. Kami memandang operasi yustisi seperti ini masih dibutuhkan  karena masih ada beberapa warga yg tidak perduli dan egois dengan tidak pakai masker.”

Sedangkan dari masyarakat umum masih terjaring 34 pelanggar Protokol kesehatan. Kepada para pelanggar tidak terkecuali dikenakan sanksi yang humanis yaitu  kerja sosial membersihkan sampah di lingkungan halaman Pemkab, dan sebagian menyiram taman di lokasi Pemkab.