PROSESI MALAM 1 SURO DI MASSA PANDEMI CORONA

Kulon Progo, (19/08) Dimasa Pandemi Covid 19, Dalam rangka menyambut bulan Muharram 1442 H. Pemerintah Kabupaten Kulon Progo yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kulon Progo, Fajar Gegana dengan pengawalan oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kulon Progo melaksanakan pemantauan kegiatan di Puncak Suroloyo,Dusun Keceme, Gerbosari, Kapanewon Samigaluh , yakni jamasan pusaka  Manggolo Murti yang berwujud tombak, dan Manggolo Dewo yang berwujud songsong (payung). 

Kegiatan tersebut sudah diawali dengan arak-arakan yang dilaksanakan siang sebelumnya dengan jumlah peserta yang terbatas, dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Arak arakan tersebut membawa kedua pusaka dan gunungan menuju Sendang Kawidodaren, dilanjutkan dengan jamasan kedua pusaka, diakhiri dengan gunungan dan Mujahaddah malam hari ini.

Dalam Kegiatan Tirakatan /Mujahaddah  ini diawali dengan Sambutan Damar, A. MD Selaku Lurah Gerbosari, beliau mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wakil Bupati Kulon Progo beserta rombongan.  Beliau juga menjelaskan bahwa acara yang biasanya dilaksanakan di tanggal 01 Muharram, untuk tahun ini dilaksanakan satu hari sebelumnya disebabkan masih dalam pandemi, untuk menghindari kerumunan massa yang berlebih. Dan Alhamdulillah acara siang hari ini berjalan dengan lancar.

Selanjutnya, dalam sambutannya Fajar Gegana , Wakil Bupati Kulon Progo, beliau mengucapkan terima kasih atas respons yang telah diberikan oleh forkopimpan Samigaluh. Selain itu, beliau yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Covid 19 Kab. Kulon Progo mengajak masyarakat untuk tetap berhati hati, waspada, dan menaati protokol kesehatan serta membatasi kegiatan yang bisa mengakibatkan kerumunan massa.

Kegiatan tirakatan diakhiri dengan doa dan Kenduri yang di pimpin Kyai Muh Ziddin dari Samigaluh.