BERDAGANG BOLEH, MELINDUNGI DIRI PERLU

Senin, 15 Mei 2020, dinihari pukul 05.00 WIB, Tim Satpol PP Kabupaten Kulon Progo melaksanakan Operasi Gabungan Giat Pengawasan dan Pemantauan Pasar Tradisional dalam Rangka Pencegahan Penularan Infeksi  Penyebaran Virus Covid 19.

Dikoordinir Kabid Penegakan Perda Sri Widada SIP, MM, tim pemantauan bersinergi dengan Satgas Covid Kapanewon Samigaluh menyasar ke pasar Plono yang merupakan Pasar tradisional dengan pemahaman pencegahan penularan covid  yang masih rendah. Berdasarkan Informasi Panewu Samigaluh Sugimo SIP, Pasar Plono masih semrawut, banyak pedagang maupun pembeli yang tidak memakai  masker. Dalam pelaksanaannya, Petugas pemantauan menyebar di 2 pintu masuk serta area dalam Pasar dengan maksud:  

  1. Mengedukasi Para Pengunjung Pasar beserta Penjual agar disiplin Mengikuti Protokol Kesehatan dan Mematuhi SE Bupati No 510/ 1524 dan No.440/1197 ttg Kewaspadaan terhadap Resiko Penularan Infeksi CoVid 19 di Kab. Kulon Progo
  2. Menjaga kebersihan Produk yg dijual
  3. Memastikan tidak ada Penumpukan Pengunjung.
  4. Membagikan Masker kepada Pengunjung dan pedagang.

Selain itu Tim Satpol PP juga memberikan Pemahaman Wajib Lapor untuk Karantina Mandiri terhadap Warga Pendatang di Dusun Suren, Pagerharjo, Samigaluh yang masih belum mematuhi protokol pencegahan covid 19.

Menurut Sri Widada, pemilihan sasaran di pasar Plono dirasa tepat karena wilayah tersebut berbatasan dengan Kabupaten Purworejo yang merupakan Zona merah, sehingga kewaspadaan untuk pencegahan dini resiko penularan mutlak harus dilakukan.